Monday, 27 June 2016

Membuat Digital Watermarking dengan CorelDRAW



Membuat Digital Watermarking dengan CorelDRAW,Bagi seorang desainer grafis, fotografer, dan blogger pasti gak asing lagi dengan yang namanya digital watermarking, digital watermarking adalah salah satu teknik untuk menyisipkan informasi tertentu ke dalam sebuah data digital. Hal ini merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga atau melindungi hak cipta sebuah kaya para desainer grafis, fotografer, dan blogger terutama karya dalam bentuk gambar desain maupun foto.
Selain melindungi karya digital watermarking juga mampu membantu ketenaran nama sang pemilik karya apabila karya tersebut tersebar luas dengan tertera digital watermark sang pemilik karya pada karya tersebut.

Sobat gayeng dapat menggunakan beberapa aplikasi pengolah grafis seperti CorelDRAW, Adobe Ilustrator, Adobe Photoshop dll. Namun pada kesempatan kali ini saya akan berbagi penglaman saya membuat watermark pada karya saya menggunakan aplikasi CorelDRAW X7.

Pertama tama kita tentukan konten watermark kita, kontennya bisa berupa alamat web, logo, atau nama pemilik karya. Nah untuk sekarang saya akan membuat logo simpel nih yang berbasis photograpy.

langkah pertama buat persegi panjang dengan Rectagle tool dan sesuaikan,










kemudian buatlah bentik lingkaran dengan Ellips tool dan sesuaikan,




selanjutnya buat lagi persegi panjang dengan Rectagle tool dan sesuaikan,


kemudian seleksi semua objek lalu klik F12 pada Keyboard  untuk mengatur tebal outline.



Dan logo sederhana sudah jadi dan tinggal tuliskan inisial sebagai pengenal karya sobat gayeng.










Langkah selanjutnya ialah masukkan photo karya sobat gayeng yang akan di pasang watermark pilih File --> Import atau bisa menggunakan shortcut Ctrl+I   lalu pilih file fotonya.







Setelah file foto masuk tinggal tempelkan logo tersebut dibagian bawah foto ganti warna menjadi putih.














dan lakukan transparansi agar logo tidak mengganggu keindahan karya foto tersebut.
dan yang terakhir pilih file --> export file menjadi gambar jpg atau png.
.









Contoh menggunakan logo

Contoh menggunakan nama atau alamat website
Dan sekarang karya sobat gayeng akan terlindingi dengan digital watermarking tersebut, apa bila terjadi tindakan copy n paste tidak kuwatir lagi publik akan mengetahui siapa yang membuat karya tersebut. semoga bermanfaat hasil pembelajaran saya ini jika ada sebuah pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah dan kita selesaikan bersama, dan jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan sebarluaskan, terimakasih.

Artikel Terkait

2 komentar

bermanfaat banget ini ulasannya... makasih ya untuk ulasannya.... ajibbb...


EmoticonEmoticon